Minggu, 13 Desember 2015

Manfaat memakan Papeda (makanan khas Papua)



Hasil gambar untuk manfaat makan papeda
Papeda ialah salah satu makanan khas Indonesia yang mulai mendunia lebih tepatnya makanan khas Papua dan maluku. Papeda yaitu makanan berupa bubur sagu yang disajikan bersama dengan ikan tongkol dan mubara yang berbumbu kunyit. Makanan ini bertekstur lengket sepeti lem berwarna putih dan rasanya yang tawar. Dengan rendah kolestrol, kaya kan serat dan bernutrisi tinggi.

Umunya papeda disajikan bersama ikan tongkol yang telah dimasak dan dibumbui. Tak hanya ikan tongkol ikan lain seperti kakap merah, ikan kue, bubara, ikan gabus dan lain sebagainya. Dapat disajikan juga bersama dengan sayur ganemo yaitu sayuran yang terdiri dari daun mlinjo mudan, cabai merah dan bunga pepaya muda.

Sagu yang bermanfaat sebagai sumber karbohidrat dan makanan pokok. Dalam 100 g Papeda mengandung protein 0.3 g, karbohidrat 51,6 g,klsium 27 ml, energi 209 kkal, zat besi 0,6 ml, fosfor 13 ml, dan lemak 0,2 g.  Manfaat papeda bagi kesehatan ialah sebagai berikut:

1.      Mengatasi pengerasan pembuluh darah.
2.      Mengatasi sakit pada uluh hati dan perut kembung.
3.      Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes militus.
4.      Meningkatkan kekebalan tubuh.
5.      Memperlancar pencernaan.
6.      Mengurangi resiko kanker usus, kanker paru-paru
7.      Mengurangi resiko obesitas.
8.      Mengobati penyakit batu ginjal.
9.      Membersihkan organ-organ dalam manusia.

Karena keunikanya makanan ini mulai terkenal sampai ke penjuru dunia. Bagi penderita sakit paru-paru maupun yang merokok dianjurkan memakan makanan yang satu ini karena dapat membersihkan paru-paru secara perlahan jika dikonsumsi secara rutin.


http://bhina.co.id/obyek-wisata-cilacap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar